Tuesday, April 9, 2019

Jaringan 5G Resmi Meluncur di Korea, Kini Download Film 1GB cuman 1 Detik


MukhlisNote - - Baru-baru ini Korea selatan resmi meluncurkan jaringan 5G nya, berbarengan di luncurkannnya HP teranyar dari Samsung yaitu Samsung Galaxy S10 5G, jaringan ini di sudah di idam-idamkan oleh seluruh Negara di dunia, karena kecepatannya yang di yakini 10 X lipat lebih cepat dari jaringan 4G, pihak Samsung pun mengclaim ponsel barunya yang berteknologi 5G itu lebih cepat 20X lipat dari ponsel berteknologi 4G saat ini.




    Adapun kecepatan yang bisa di raih oleh teknologi 5G ini adalah  20Gbps, dengan kecepatan tersebut rasanya untuk mendownload film berukuran 1 – 2 gb hanya butuh 1 detik saja, langkah ini juga di ikuti oleh Verizon sebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi di Amerika serikat beberapa jam setelahnya. Operator ini baru membuka layanan 5G di Chicago dan Minneapollis, di bulan Desember 2018 beberapa operator telekomunikasi di Amerika juga menyediakan layanan 5G di 12 kota.

    Dilansir dari BBC, Sabtu (6/4), 5G merupakan jaringan koneksi internet seluler generasi kelima. Para pengguna dapat mengakses data lebih cepat. Jaringan 5G juga menjanjikan jangkauan lebih luas serta koneksi yang lebih stabil. 

    Dengan 5G, peneliti Lee Sang-yoon mengatakan pengguna dapat menikmati teknologi VR tanpa adanya  keterlambatan dan bisa menikmati dengan resolusi yang lebih baik. Pada jum’at (5/4) sebanyak 15 ribu pelanggan LG mendaftarkan diri untuk upgrade ke layanan 5G, 10 ribu mendaftar di KT, tetapi operator terbesar di korea selatan SK Telecom belum memberi data apaun terkait teknologi 5G ini.  




    LG juga akan meluncurkan ponsel terbarunya yang mendukung teknologi 5G, sementara di AS, Lenovo akan meluncurkan Moto Z3 yang akan di tambahkan dengan aksesoris khusus.

    Lalu bagaimana di Indonesia ya ? apakah Indonesia akan menerapkan teknologi 5G ini dalam waktu dekat ? sebernarnya di Indonesia pun operator-operator telekomunikasi sedang melaksanakan uji coba teknologi 5G ini, beberapa di antaranya operator Telkomsel dan Indosat, lewat moment perhelatan Asian Games 2018 pada agustus tahun lalu, Telkomsel menguji coba jaringan 5G di daerah GBK, “kita menggunakan spectrum 800MHZ, dengan kapasitas throughput maksimal mencapai 16gbps,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di jumpai di kompleks GBK, Jum’at (10/8/2018).




    Nampaknya Operator-Operator telekomunikasi di Indonesia butuh waktu 1 – 2 tahunan lagi  untuk  menerapkan jaringan 5G ini, kita berdoa saja agar pemerintah mendukung operator-operator di Indonesia supaya jaringan 5G ini cepat terlaksana dan dapat menjangkau seluruh wialayah Indonesia dari kota-kota besar hingga ke pelosok desa, sehingga masyarakat pelosok desa bisa menikmati jaringan telekomunikasi layaknya orang yang di kota besar.

No comments:

Post a Comment